Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Friday, October 18th 2019. | Contoh Laporan


Semua perusahaan atau lembaga format tentu membutuhkan keuangan untuk mencatat seluruh kebutuhan finansial mereka. Bagi Anda yang hendak mengisi posisi sebagai akuntan atau bendahara harus mengetahuinya. Profesi tersebut terkadang diisi oleh orang di luar bidang sehingga dapat mencermati contoh laporan keuangan sederhana.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Ada beragam jenis laporan keuangan, hal tersebut dikategorikan sesuai kebutuhan si pemilik usaha. Di pertokoan atau usaha kecil pun Anda dapat menemui bentuk laporan keuangan paling sederhana. Mereka membutuhkannya untuk mengetahui hasil laba rugi, banyaknya pengeluaran, dan sebagainya berkaitan dengan kondisi keuangan usaha.

Tata Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan memudahkan Anda sebagai pemilik usaha baik dalam skala kecil, menengah ataupun besar untuk mengamati kondisi keuangan secara detail. Caranya dengan mencatat hasil perolehan dan pengeluaran finansial di berbagai bidang tiap hari. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui tiap jenis dan bentuk laporan keuangan.

Contoh laporan keuangan sederhana umumnya digunakan pada usaha skala kecil karena penyusunan jurnal cukup simpel. Tidak memerlukan banyak pembukuan seperti yang terdapat pada perusahaan besar. Contoh beberapa usaha yang membutuhkan laporan keuangan sederhana seperti, toko kecil alat tulis, warung makan, dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha atau bisnis perorangan sederhana di rumah tentu akan membutuhkan laporan keuangan. Semua orang pun berpeluang untuk mengetahui cara menulis susunan laporan tersebut. Bukan hanya seorang ahli akuntan saja.

Kini banyak sumber referensi pembelajaran bagi Anda yang ingin mempelajari contoh laporan keuangan sederhana. Anda bisa mendapatkan di toko-toko buku ataupun dengan membaca lewat media online yang lebih mudah ditemukan. Membuat laporan keuangan sederhana menjadi sangat mudah ketika Anda memahami contohnya.

Langkah Penting Sebelum Mengetahui Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Sebelum mencermati dan memahami dengan baik contoh laporan keuangan sederhana. Anda perlu mengetahui beragam jenis laporan keuangan lainnya terlebih dahulu. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan jurnal dan mengetahui beberapa bagian yang sebenarnya tidak perlu ditulis.

Anda bisa saja menulis laporan keuangan yang menurut Anda cukup sederhana tetapi jauh dari kriteria dan contoh laporan keuangan sederhana itu sendiri. Laporan ini harus dituliskan tiap hari kemudian direkap menjadi satu bagan tiap akhir bulan. Hal tersebut akan mempermudah Anda untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda.

Tiap periode pencatatan laporan keuangan, Anda akan membuat beberapa jenis laporan sederhana. Sebagian besar kategorinya mirip pada laporan yang di usaha atau bisnis skala besar. Namun, penyusunan dan penulisan jurnalnya sedikit berbeda. Anda akan mengetahui bahwa bentuk susunan laporan keuangan sederhana cukup mudah.

Beberapa catatan kecil sebagai dokumen dan bukti transaksi yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum membuat laporan keuangan sederhana untuk usaha kecil antara lain yakni.

  • Catatan Penjualan Usaha
  • Catahan Pembelian Usaha
  • Catanan Utang dan Piutang
  • Catatan Biaya-Biaya Lain
  • Catatan Kas Usaha

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Nah, sekarang mari kita beralih ke beberapa contoh laporan keuangan sederhana yang dapat Anda buat. Khususnya bagi Anda yang masih memiliki usaha dalam skala kecil. Berikut ini beberapa contoh laporan keuangan sederhana yang perlu Anda buat.

Contoh Neraca Keuangan Sederhana

Contoh Neraca Keuangan Sederhana

Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi Sederhana

­Setelah membuat neraca secara sederhana, laporan keuangan sederhana berikutnya yang dapat Anda buat adalah laporan laba rugi sederhana seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Laporan Laba Rugi Sederhana

Bagi pelaku usaha mikro tidak perlu membuat laporan laba rugi secara rumit. Anda bisa coba buat laporan laba rugi yang sangat sederhana seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Contoh Laporan Keuangan Arus Kas Sederhana

Tak hanya laporan laba rugi yang wajib Anda buat, untuk mendukung laporan keuangan yang lebih akurat Anda juga bisa coba membuat laporan keuangan arus kas. Laporan arus kas berfungsi untuk menampilkan terjadinya transaksi kas keluar dan kas masuk selama periode akuntansi.

Tak perlu membuat yang rumit, Anda bisa coba buat laporan keuangan arus kas sederhana seperti contoh berikut ini.

Contoh Laporan Arus Kas Sederhana

Contoh Laporan Keuangan Perubahan Modal Sederhana

Tak sampai disitu saja, agar laporan keuangan lebih lengkap. Anda juga bisa membuat laporan perubahan ekuitas atau perubahan modal yang terjadi selama periode akuntansi. Dengan begitu Anda bisa mengetahui modal yang Anda miliki saat ini secara lebih akurat dan realiable. Berikut ini contoh laporan keuangan sederhana perubahan modal atau perubahan ekuitas.

Contoh Laporan Perubahan Modal Sederhana

Contoh laporan keuangan sederhana di atas sangat umum ditemui di berbagai bidang usaha atau bisnis skala kecil dan menengah. Contoh jurnal yang paling sering dibuat adalah laporan laba rugi dari usaha skala kecil.

Jika Anda membuatnya, bisa mengikuti format di atas dan mengganti nama, pemilik usaha serta menulis kondisi finansial usaha Anda dengan rinci.

Tags: , ,
Contoh Laporan Keuangan Sederhana Reviewed by Admin on . This Is Article About Contoh Laporan Keuangan Sederhana With description : Semua perusahaan atau lembaga format tentu membutuhkan keuangan untuk mencatat seluruh kebutuhan finansial mereka. Bagi Anda yang hendak mengisi and rating: 5